Pemberian PMT kepada Balita Stunting dan Ibu Hamil di Wilayah kerja Puskesmas Yobi Distrik Yapen Utara Serui-Papua

0
362
Pemberian PMT kepada Balita dan Ibu Hamil || Puskesmas Yobi Distrik Yapen Utara Serui-Papua
Foto : Humas Dinkes Yapen

Dinkes Yapen, dalam hal ini Bidang Kesehatan Masyarakat (KESMAS) kini gelar kunjungan kerja pada Puskesmas Yobi Distrik Yapen Utara Kabupaten Kepulauan Yapen. Dinas Kesehatan Bidang (Kesmas) Memberikan Makanan Tambahan (PMT) pada balita dan ibu hamil KEK. (Rabu,31/08/2022) Kegiatan ini dilaksanakan tepat di Puskesmas Yobi Distrik Pantura Kabupaten Kepulauan Yapen dengan sasaran penyaluran PMT kepada balita Gizi kurang/Stunting dan ibu hamil KEK. Diserahkan secara simbolis oleh Karolis Tanawani, SKM, MPH Selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen.

Pemberian PMT kepada Balita dan Ibu Hamil || Puskesmas Yobi Distrik Yapen Utara Serui-Papua
Foto : Humas Dinkes Yapen

Dalam pertemuan Dinkes Yapen kepada beberapa balita dan ibu hamil yang hadir di Puskesmas Yobi. Yuniati, SKM selaku Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinkes Yapen dalam penyampaiannya, hasil Penimbangan dan pemantauan Status Gizi oleh petugas yang bekerja di Puskesmas Yobi, ada beberapa anak yang mengalami stunting dan gizi kurang hal ini disebabkan karena kurangnnya asupan gizi yang baik.

Foto : Humas Dinkes Yapen

kita sudah tahu bahwa kecukupan asupan gizi sangat penting bagi Balita ataupun ibu yang sedang hamil. Hal ini juga menjadi perhatian khusus oleh Pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen, Sasaran PMT untuk balita terutama adalah balita yang menderita gizi kurang (wasting) Ibu hamil KEK, pemberian makanan tambahan tersebut dimaksudkan sebagai upaya mencegah terjadinya balita stunting.Pemberian PMT kepada Balita dan Ibu Hamil || Puskesmas Yobi Distrik Yapen Utara Serui-PapuaKarolis Tanawani, SKM, MPH dalam penyampaiannya Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) merupakan alternatif strategi perbaikan status gizi masyarakat yang umumnya dilakukan untuk kelompok populasi tertentu, misalnya: kelompok ibu hamil, ibu menyusui, anak Bawah Lima Tahun (Balita), anak sekolah. Program PMT ini menggunakan pendekatan berbasis pangan. Untuk Pemberian pemulihan gizi Makanan Tambahan ibu hamil KEK dan balita gizi buruk diberikan PMT untuk masa 90 hari. Pemberian PMT kepada Balita dan Ibu Hamil || Puskesmas Yobi Distrik Yapen Utara Serui-PapuaKarolis Tanawani, SKM,MPH juga berpesan Melalui pogram Pemberian Makanan Tambahan (PMT) ini diharapkan para ibu hamil dapat terpenuhi kebutuhan atau asupan gizi yang baik dan tetap menjaga gizi yang baik selama masa kehamilan agar pada saat melahirkan dapat memberikan dampak baik tapi juga anak yang lahir sehat karena adanya persiapan terhadap asupan gizi yang cukup. Adapun makanan tambahan yang disediakan yaitu ; Kacang hijau, beras, susu , telur biskuit dan beberapa makanan yang dapat menamba asupan gizi yang baik kepada Balita dan Ibu hamil. Besar harapan kami agar PMT yang di berikan kepada Balita maupun Ibu hamil KEK dapat bermanfaat dan berdampak baik.

Kegiatan Pendistribusian bantuan tambahan makanan bergizi pada ibu hamil melaui pogram Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di lokasi Puskesmas Yobi Distrik Yapen Utara yang di ikuti oleh :

  1. Karolis Tanawani, SKM, MPH (Selaku Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Kepulauan Yapen)
  2. Juniarto A.M.T Damanik, AMKL (Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Yapen)
  3. Elihut Rematobi (Kepala Puskesmas Yobi Dinkes Yapen Distrik yapen Utara)
  4. Yuniati, SKM (Selaku Kepala Seksi kesehatan Keluarga dan Gizi Dinkes Yapen)
  5. Steven M.Wof, SKM (Kepala Sub bagian Program pelaporan dan Humas Dinkes Yapen) Dan beberapa Staf Sekretariat Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen.

 

Editor : Simon_Tawarare, A.Ma

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments