Cafe Bintang Serui Ikuti VCT Mobile, Upaya Deteksi HIV

0
448
Coffe Bintang Serui Ikuti VCT Mobile, Upaya Deteksi HIV
Foto : Ina Wayoi

Kegiatan Mobile VCT HIV, kali ini Mobile VCT HIV dilaksanakan di Cafe Bintang. Jln.Ahmad Yamin Serui pada wilayah kerja Puskesmas Serui Kota Distrik Yapen Selatan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen.

Coffe Bintang Serui Ikuti VCT Mobile, Upaya Deteksi HIV
Foto : Ina Wayoi, S.Kep.Ns

Dalam pemeriksaan Mobile VCT HIV kali ini Puskesmas Serui Kota Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen yang di ikuti oleh :

  1. Yohanes Woisiri, SKM (Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen)
  2. Ina Wayoi, S.Kep.Ns ( Pj.HIV Dinas Kesehatan Kab. Kep. Yapen)
  3. dr. Meyliana Suthelie (Selaku Kepala Puskesmas Serui Kota)
  4. dr. Agnes I.Lakoy (Puskesmas Serui Kota)
  5. Agustina Mei Ismono, S.ST ( Pj. HIV pada Puskesmas Serui Kota)
  6. Fauzia R. Abdullah, S.Farm, Apt (Puskesmas Serui Kota)
  7. Julian Jecky S.Kaidel, A.Md.Kes (Analisis pada Puskesmas Serui Kota)
  8. Seniarty Imelda Kambu, A.Md.Keb (Bidan Puskesmas Serui Kota)
  9. Marlon Mundoni (Komisi penanggulangan HIV AIDS )

Dalam kegiatan Mobile VCT adalah Kegiatan Pencarian Atau Penemuan Penderita HIV secara mobile/keliling yang menyasar ke sasaran kelompok beresiko.

Coffe Bintang Serui Ikuti VCT Mobile, Upaya Deteksi HIV
Foto : Ina Wayoi

dr. Agnes I.Lakoy dalam penjelasannya : Human Immunodeficiency Virus atau yang lebih dikenal dengan HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan/imunitas  tubuh sehingga melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit . Caffe Bintang Serui Ikuti VCT Mobile, Upaya Deteksi HIV Ketika HIV telah memasuki  tahap infeksi akhir maka telah mencapai fase AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) dimana tubuh tidak lagi memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang ditimbulkan. Tujuan Mobile VCT HIV ini guna mendata sejak dini para penderita HIV agar bisa mendapat perawatan atau memulai pengobatan. Selain pemeriksaan HIV, Dinas Kesehatan bersama Puskesmas Serui Kota juga melakukan pemeriksaan  P2M meliputi Cek HIV, HbsAg dan Shypilis yang di tangani oleh 3 (Tiga) tenaga Medis : dr. Agnes I.Lakoy,  Agustina Mei Ismono, S.ST ( Pj. HIV ) dan Julian Jecky S.Kaidel, A.Md.Kes sebagai tenaga Analis pada Puskesmas Serui Kota Distrik Yapen Selatan.

Coffe Bintang Serui Ikuti VCT Mobile, Upaya Deteksi HIV
Foto. Ina Wayoi

Pemeriksaan yang di yang terdiri dari : skrining penyakit menular seperti Human Immunodeficiency Virus (HIV) – Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS), Hepatitis, HbsAg dan Shypilis yang terkemas dalam kegiatan Voluntary Conseling Test (VCT) yang diinisiasi oleh Puskesmas Serui Kota yang di dampingi Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen dalam hal ini Pj.HIV dan Kepala Seksi dan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Bidang (P2P).

Kegiatan VCT selama kurang lebih 3 (Tiga) bulan sekali dilingkungan Kota Serui pada wilayah kerja Puskesmas Serui kota yaitu Coffee Bintang yang ber-alamat Jln. Ahmad Yamin Serui Papua.

Caffe Bintang Serui Ikuti VCT Mobile, Upaya Deteksi HIV
Foto. Ina Wayoi

Tepat hari ini, Senin, 29/08/2022 sebanyak 9 (Sembilan) sampling darah dari WBP diambil untuk dilakukan tes HIV, Hepatitis, HbsAg dan Shypilis oleh 3 petugas medis pada wilayah kerja Puskesmas Serui Kota.

Sementara itu, mewakili pengelola Cafe bintang Tersebut , (Mami) yang mendampingi kegiatan VCT mobile mengaku senang dan bertrima kasih akan pelayanan kesehatan yang rutin dilakukan oleh Tim medis Puskesmas Serui Kota Dinas Kesehatan Kab. Kep. Yapen, yang mana sudah melayani, sekaligus melaksanakan pemeriksaan. Coffe Bintang Serui Ikuti VCT Mobile, Upaya Deteksi HIVTidak hanya itu, ‘Mami’ juga turut senang dengan soliditas kerja sama yang terjalin antara  tenaga medis kepada kami penghuni Cafe Bintang Serui. Dengan adanya kegiatan VCT mobile ini, harapannya dengan kegiatan tersebut menjadi kegiatan rutinitas kesehatan yang mana perawatan terpenuhi seperti informasi kesehatan diri, mencegah penyebaran HIV, dan menurunkan angka kesakitan HIV melalui pelayanan kesehatan,” Ucap Mami:”

 

Editor : Simon_Tawarare, A.Ma

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments